Presentasi Monev Hibah PKM di IPB Bogor

Monev?? Apa sih Monev??

Oke… disini saya akan menceritakan sedikit pengalaman berharga TIM PKM-T dari AMIK Raharja  tentang Presentasi  Monev Hibah PKM di IPB Bogor, Jawa Barat. Monev merupakan singkatan dari Monitoring dan Evaluasi. Monev termasuk tahap keempat setelah pengusulan proposal, desk evaluasi dan penetapan proposal yang didanai, pelaksanaan dan pelaporan kegiatan PKM. Dalam pelaksanaanya, setiap Tim yang lolos dan sudah didanai akan diminta mempresentasikan kemajuan pelaksanaan kegiatan PKM di bidangnya. Sebelumnya, setiap Tim harus mengunggah laporan kemajuan  ke SIMBELMAWA sebagai syarat mengikuti Monev. Jika Monev kita mendapat nilai baik, maka tahap selanjutnya adalah mengikuti PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

Singkat cerita, setelah Tim kami mengadakan sosialisasi dengan komunitas Tangerang Punya GUE di Cisauk, kami melanjutkan perjalanan ke Bogor. IPB menjadi tempat pelaksanaan Monev untuk Perguruan Tinggi di wilayah Bogor. Kamu harus tau!!! Tim PKM-T  dari AMIK Raharja menjadi satu-satunya yang mewakili Banten dalam Monev yang diadakan di IPB. Monev digelar selama dua hari yaitu tanggal 17-18 Juli 2017 di Common Classroom, Kampus IPB Dramaga.  Sebanyak 195 Tim berasal dari IPB dan 12 Tim berasal dari Perguruan Tinggi Swasta sekitar Bogor dan 1 Tim dari Banten. Hehehe *nyempil sendiri*

Hari senin tanggal 17 Juli 2017 menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh kami. Mengapa? Karena hari itu menjadi hari dilaksanakannya Monitoring dan Evaluasi sebagai penentu kami untuk lanjut PIMNAS atau tidak. Pukul 06.00 WIB kami bergegas dari hotel tempat kami menginap ke tempat pelaksanaan MONEV di IPB. Butuh waktu satu jam untuk sampai kesana, karena kami berangkat bersamaan dengan orang berangkat kerja dan sekolah sehingga lalu lintas agak tersendat. Pukul 07.30 WIB kami registrasi terlebih dulu, kemudian masuk ke Aula untuk mendengar sambutan dari Rektor IPB dan Reviewer Nasional. Disana sudah banyak tim dari IPB dan Perguruan Tinggi Swasta di wilayah Bogor.   Dalam sambutannya, Rektor IPB berpesan agar mahasiswa yang mengikuti Monev untuk meluruskan niat apa yang ingin dicapai dari keikutsertaan, bukan semata kehebatan atau ketenaran yang menjadi tujuan utama mengikuti Monev. Selain itu ia juga berpesan agar mendengarkan sebaik-baiknya apa yang disampaikan reviewer, selalu melakukan perbaikan, meningkatkan kerja sama dan yang terpenting harus tawakal dan pasrahkan hasilnya pada Allah SWT.

Setelah mendengarkan sambutan dari rektor IPB dan tim Reviewer Nasional, kami diarahkan untuk memasuki ruangan tempat pelaksanaan presentasi Monev. Kami mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan kegiatan PKM yang sudah kami lakukan. Pukul 09.20 presentasi dimulai. FYI, setiap Tim hanya diberi waktu 20 menit. Sepuluh menit pertama untuk Tim mempresentasikan hasil kegiatan dan ketercapaian kegiatan PKM dan sepuluh menit terakhir untuk tanya jawab oleh Reviewer. So, kita harus pintar-pintar mengatur waktu dan membagi tugas karena waktu yang diberikan sangat terbatas. Alhamdulillah, kami berhasil mempresentasikannya dan menjawab pertanyaan dari reviewer dengan lancar.  Dosen pembimbing dan Ketua Jurusan kami memberi applause untuk kami. Rasanya bebas dan senang sekali bisa melewati Monev  dengan lancar. Sebelum meninggalkan tempat acara, kami melihat beberapa Tim dari IPB mempresentasikan kegiatan PKM nya. Mereka sangat kreatif menciptakan inovasi baru dari makanan pokok yang mulai ditinggalkan seperti singkong dan ubi. Pukul 12.00 kami kembali ke hotel untuk check-out dan bergegas pulang ke kampus tercinta. Sebenarnya monev dilaksanakan dua hari yaitu tanggal 17 dan 18 Juli 2017, namun karena kami sudah presentasi pada tanggal 17 dan masih banyak tugas kami di kampus maka dari itu kami harus pulang. Hehehe

Menurut saya, ini pengalaman paling berharga dalam perjalanan saya menuntut ilmu. Mengikuti PKM selain menambah kreativitas dan menambah ilmu, kalian bisa  berkompetisi dengan tim-tim PKM terbaik se-Indonesia. Oiyaaa… kalian juga bisa jalan-jalan gratis plus dapat kawan baru loh! Tapi ada syaratnya, proposal kalian harus lolos. semangat berkreativitas!!!

1 Comment

  • euis

    alamamater hijau diantara ratusan almet biru lainnya..selamat untuk tim..karena membawa harum nama kampus Raharja di kancah nasional..tetap berkreatifitas dan berkarya ya !

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.