Artikel Ilmiah E-Commerce pada KNS&I STIKOM Bali

Artikel ilmiah merupakan salah satu  hasil akhir dari program  Hibah PKM 2017 selain website lapakgue.co yang dibuat untuk komunitas Tangerang Punya GUE, Artikel ilmiah  ini di terbitkan dalam seminar KNS&I 2017 yang diadakan di pulau Seribu Pura alias Bali pada tanggal 10 Agustus 2017. Ingin tahu bagaimana artikel ilmiah kami bisa diterbitkan di seminar KNS&I 2017 STIKOM bali?

 

Jadi beginilah ceritanya,

Setelah melewati MONEV PKM (Monitoring Evaluasi)  yang telah dilaksanakan di IPB Bogor. Kegiatan yang dilakukan selanjutnya ialah mengirimkan naskah artikel ilmiah yang sudah dibuat sebelumnya ke KNS&I 2017 untuk diterbitkan. Sebelumnya saya ingin mencantumkan seluruh nama tim saya di dalam artikel ilimiah tersebut, namun karena terdapat beberapa ketentuan dari pihak kampus bahwa ketetapan untuk penerbitan artikel ilmiah/jurnal  ialah 3 orang, maka dalam penerbitan artikel ilmiah ini hanya melibatkan saya, ibu Euis Sitinur Aisyah, M.kom, dan  ibu Sri Rahayu, ST.,MMSI.

Artikel ilmiah dikirim diakhir batas penerimaan paper tepatnya pada tanggal 10 Juli 2017. Cara pengiriman naskah pun melalui website http://knsi2017.stikom-bali.ac.id/ dengan membuat akun terlebih dahulu, setelah itu mengupload naskah tersebut.

Untuk  judul artikel ilmiah kita sangatlah sederhana namun bermanfaat bagi orang banyak, judulnya yaitu “Lapakgue.co: E-Commerce  bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Komunitas Tangerang Punya GUE”  Dua hari setelah pengiriman naskah, saya mendapatkan notifikasi email bahwa paper dinyatakan diterima meski dalam status “perbaikan”

 

 

 

Singkat cerita, setelah melalui proses review yang dilakukan oleh panitia dan telah melakukan pembayaran administrasi. Akhirnya satu hari sebelum acara berlangsung saya berangkat ke Bali, sebagai perwakilan untuk mempresentasikan hasil artikel ilmiah tim saya, karena kebetulan ibu Euis Sitinur Aisyah, M.kom, dan  ibu Sri Rahayu, ST.,MMSI.  tidak  bisa ikut pada waktu itu.

Pada tanggal 10 Agustus 2017 saya berangkat ke STIKOM Bali, tepat berlangsungnya acara KNS&I 2017. Registrasi ulang mulai dibuka pada pukul 09:00 WITA, setelah itu  pembukaan acara yang dilaksanakan di aula STIKOM  Bali yang diawali dengan tarian khas bali sebagai pembuka acaranya dan juga  sambutan dari  beberapa pihak panitia penyelenggara. Kemudian di lanjut dengan opening speech dan keynote speech  yang diadakan di tempat yang sama. Tamu yang hadir pada acara ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, beruntung sekali saya bisa menjadi bagian dari acara KNS&I 2017 ini. Oh iya, diakhir acara yang dilaksanakan di aula ini saya sempat bertemu dengan bapak Sugeng Santoso, M.Kom selaku divisi akademik Perguruan Tinggi Raharja. Disini saya sempat berbincang-bincang sebentar dengan beliau sebelum saya masuk ke ruangan yang menjadi tempat dimana saya mempresentasikan artikel ilimiah.

Sekedar informasi saja nih, ternyata dalam mempresentasikan jurnal/ artikel ilmiah itu dilakukan di ruangan yang sudah dibagi dan  diatur panitia, di dalam satu ruangan tersebut terdiri dari 10 pembicara yang akan mempresentasikan hasil artikel ilmiahnya dan satu panitia selaku yang menilai presentasi kita.

Rasa canggung, malu, takut menjadi satu, meski ini bukan pertama kalinya bagi saya untuk berbicara di depan juri (Panitia) dan peserta lainnya karena sebelumnya saya pernah melakukan presentasi MONEV di IPB Bogor. Saya mendapat urutan ketiga untuk presentasi, dan dengan percaya diri saya maju kedepan mempresentasikan hasil artikel ilmiah “Lapakgue.co: E-Commerce  bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Komunitas Tangerang Punya GUE”  di sesi tanya jawab, ada salah satu pembicara yang mengira saya pengajar (dosen), ketika saya sudah memperkenalkan diri terlebih dahulu di awal presentasi bahwa saya mahasiswa Perguruan Tinggi Raharja jurusan Komputerisasi Akuntansi, Diploma 3.

Dari peristiwa tersebut saya baru menyadari bahwa sudah melakukan presentasi dihadapan para peserta yang tak lain ialah para pengajar (dosen) dari berbagai daerah. Sungguh pengalaman yang tidak bisa saya lupakan. Saya anggap pengalaman ini sebagai simulasi ketika saya sidang Tugas Akhir  nanti hehehehe….

Seminar KNS&I 2017 STIKOM Bali kemarin, banyak hal yang saya dapatkan selain refeshing dan sertifikat tentunya hehe, diantaranya: Membuat saya menjadi lebih percaya diri, wawasan menjadi terbuka terutama mengenai akademik, bertukar ilmu dan pengalaman dengan para peserta yang mayoritasnya pengajar (dosen), dan juga menambah networking. Dibawah ini foto-foto ketika saya berada di STIKOM Bali, saya sempat berfoto dengan bapak Sugeng juga para peserta lain (pemakalah) dari berbagai daerah yang berada satu ruangan dengan saya.

 

 

 

 

 

 

Sekian pengalaman yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menjadi gambaran bagi kalian yang ingin menerbitkan jurnal/ artikel ilmiah.

1 Comment

  • euis

    selamat rivka, jadi pengalaman yang berharga ya..bisa tampil presentasi paper di depan para dosen dari kampus-kampus nasional..kereen..!

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.