Keunggulan Komputerisasi Akuntansi

Tentang Keunggulan Komputerisasi Akuntasi
Sistem komputer Akuntansi sangat berkembang pesat, dan bahkan setiap perusahaan harusnya mengembangkan sistemnya sesuai dengan kompleksitas, perkembangan perusahaan, juga untuk mengikuti perkembangan jaman. Dengan adanya software komputer, maka pekerjaan yang manual dan memakan banyak waktu dan tenaga seperti paper work akan semakin berkurang. Selain itu, komputer juga dapat memproses lebih banyak data dalam waktu yang relatif cepat, sehingga efisiensi pun akan didapatkan. Data yang diolah dalam komputer akan menjadi output berupa informasi finansial ataupun non finansial. Proses pengolahan data ini dapat dilakukan secara terdistribusi maupun terpusat. Terdistribusi berarti data diolah secara terpisah (misalnya dalam tiap komputer tanpa terhubung ke jaringan), sedangkan pengolahan terpusat berarti data diolah secara terpusat, dengan satu database sebagai wadah untuk menampung semua data perusahaan (misalnya: komputer terhubung ke jaringan perusahaan untuk pengolahan data).Dengan menggunakan komputer, laporan yang terlambat ataupun informasi yang non struktural bisa dapat diminimalisasi berkat pengendalian dan penerapan akuntansi untuk menghasilkan informasi yang layak dan berguna dan memenuhi prinsip akuntansi bagi perusahaan.
Manfaat aplikasi akuntansi komputer adalah menghasilkan kemudahan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dengan akurat, efisien dan cepat. Keuntungan dalam penggunaan aplikasi komputer adalah kecepatan dalam mendapatkan laporan keuangan, yang seringkali dilakukan secara otomatis oleh komputer bila dibandingkan dengan cara manual. Penggunaan komputer juga memiliki tingkat ketepatan tinggi. Aplikasi komputer akuntansi juga mampu menghasilkan dan menampilkan data dengan mudah dan cepat.

Aplikasi akuntansi komputer dapat digunakan oleh semua pemakai yang bisa mengoperasikan komputer serta memahami prosedur standar pembukuan. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya ditujukan pada pakar akuntansi atau orang yang ahli di bidang komputer yang sudah mengetahui cara menginstal computer.

Pengertian Komputerisasi Akuntansi
Aturan tata buku mengharuskan pencatatan transaksi dilakukan berulang-ulang, mulai dari mencatat jurnal, klasifikasi transaksi, posting ke buku besar, membuat neraca lajur, menyusun laporan laba rugi, neraca hingga tutup buku dan sebagainya. Hal ini berakibat pada pembuatan laporan keuangan memerlukan waktu lama dan relatif sulit, apalagi bila transaksi dalam jumlah banyak. Sistem akuntansi berkembang sejalan dengan berkembangnya kebutuhan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi. Komputer akuntansi adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengolah transaksi akuntansi dan menghasilkan laporan keuangan yang diperlukan.

Semakin berkembangnya zaman, teknologi yang diciptakanpun semakin canggih. Terutama untuk mengerjakan siklus akuntansi. Di zaman yang sudah modern dan canggih seperti ini, perusahaan – perusahaan besar sudah banyak meninggalkan cara manual untuk mengerjakan siklus akuntansi. Cara manual ini ditinggalkan karena dengan menggunakan aplikasi computer akuntansi pekerjaan menjadi lebih mudah, lebuh cepat, lebih menghemat kertas, dan dijamin keamanannya. Sekarang ini, sudah banyak software akuntansi yang akan mempermudah pekerjaan kita dalam mengerjakan rentetan siklus akuntansi.

Mengapa Mahasiswa Memilih Jurusan Komputerisasi Akuntasi
Jurusan komputerisasi akuntansi tak hanya memberikan bekal untuk menjadi seorang yang mahir komputer saja, namun juga dapat menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas dan ahli di bidang akuntansi yang mampu memahami akuntansi sebagai bahasa bisnis yang sesuai dengan prinsip-prinsip dasar akuntansi yang berlaku. Mahasiswa komputerisasi akuntansi di didik agar mempunyai pola pikir sistem informasi akuntansi, menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu yang melandasi rekayasa sistem informasi akuntansi secara menyeluruh. Selain menguasi beberapa aplikasi di bidang akuntansi, mahasiswa juga mengetahui bagaimana cara kerja suatu software akuntansi. Jadi, mahasiswa jurusan ini di didik untuk menjadi ahli dalam sistem komputer baik software maupun hardware, khususnya bidang komputer akuntansi.

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.